Friday, November 19, 2010

Transfer Hari Terakhir Yang 'Bersinar'

Kehebohan hari terakhir transfer kemarin sempat nyaris terlupakan karena diselingi oleh minggu pertandingan Internasional. Kini, dengan liga Inggris kembali dibuka, mari melihat kembali transfer-transfer yang paling menarik perhatian -setidaknya menurut kami.

Rekor Pembelian
Asamoah Gyan (Stade Rennes ke Sunderland)

Tidak. Tidak 80 Juta Pound tentu saja. 13 Juta Pound. Tapi itu sudah cukup untuk memecahkan rekor transfer Sunderland. Apalagi untuk pemain yang sebelum Piala Dunia digelar masih belum terdengar namanya.

Kini, ia siap untuk bertarung di Liga Premier -sambil mencoba melupakan kegagalan penalti di menit terakhir melawan Uruguay- berdampingan dengan Darren Bent, mencoba menteror lawan-lawan Sunderland.

Promising? You bet.



Surprise... Surprise...

Rafael Van Der Vaart (Real Madrid ke Tottenham Hotspur)

Menit terakhir. Literally. Dan bahkan sudah melewati batas waktu transfer. Dengan alasan semacam mesin faks mereka rusak (they still using that? What happen with emails?), Spurs berhasil meyakinkan FA untuk mensahkan transfer ini.

'Hanya' 8 Juta Pound yang harus dibayarkan klub London Utara ini untuk mendapatkan pemain asal Belanda ini demi memperkuat lini tengah mereka. Sebuah deal yang -menurut Arjen Robben- membuat Spurs kini setara dengan Arsenal.

Really?



Langkah Besar
Jean Beausejour (Club America ke Birmingham)

Mengikuti jejak Javier Hernandez, pemain asal Cili ini pindah dari Liga Meksiko ke ketatnya Liga Premier. Pemain sayap ini cukup dikenal di kalangan, err... beberapa orang.

Berusia 26 tahun dan belum punya pengalaman sama sekali di Liga Utama Eropa, pemain ini sepertinya akan butuh waktu beberapa lama untuk beradaptasi dengan iklim permainan di Inggris. Tapi tetap jadi salah satu aset berharga Birmingham musim ini.


Langkah Yang Lebih Besar Lagi
Matt Phillips (Wycombe ke Blackpool)

Jika Beausejour pindah benua, maka Phillips melompat dengan lebih hebat. Ia naik tiga kasta.

Memang pemain ini masih berusia 19 tahun dan sepertinya belum akan langsung masuk ke tim utama Tangerines, namun akan sangat menarik melihatnya tampil jika diberi kesempatan menghadapi -let's say- pemain semacam Didier Drogba.

Dan untuk ukuran pemain dari divisi bawah, ia cukup mahal. Jika Blackpool sukses lolos dari zona degradasi musim ini, maka nilai Phillips akan meningkat menjadi nyaris setengah juta pound.



Pertukaran Banyak Pemain Sekaligus
Pompey dan Stoke ; Liverpool dan Fulham

Upaya Liverpool untuk mendapatkan Paul Konchesky dari Fulham berhasil dengan membayar 4 Juta Pound ditambah memberikan dua pemain reserves mereka Lauri Dalla Valle dan Alex Kacaniklic ke arah sebaliknya.

Sedangkan Stoke berhasil mendapatkan Marc Wilson dari Pompey dengan melepas Liam Lawrence dan Dave Kitson -si pembuat masalah- ke Fratton Park.

Kedatangan Wilson adalah angin yang cukup bagus bagi Stoke, meski kehilangan Lawrence ke divisi Championship agak sedikit disayangkan. Sedangkan bagi Liverpool, Konchesky akan jadi tambahan yang pas untuk Roy Hodgson. Orang ini jelas lebih bagus dari Emiliano Insua.


Transfer Si Pencari Perhatian

Can you guess? Yup. Robinho. Pemain ini sudah amat sangat bertingkah sejak waktu yang lama. Setelah keadaan menjadi sedikit sulit di Manchester City ia memutuskan untuk kembali ke Liga Brazil untuk bertanding di sana.

Dan kemudian, ia sempat menyebut ingin kembali dan berjuang bersama City. Akhirnya? Ia berteriak-teriak minta dilepas dari Eastland. Tapi menolak untuk bergabung ke Liga Turki. Terlalu kecil untuk kepala yang besar mungkin?

Beruntung ada AC Milan yang bersedia menampungnya di Serie A dengan nila 15 Juta Pound -yang bisa terus meningkat. Good luck seeking attention there, then.

Salah Satu Transfer Terbaik Musim Panas Ini -Di Hari Terakhir
Aleksander Hleb (Barcelona ke Birmingham)

Well. He's back. Dan Birmingham secara luar biasa mendapatkan jasa mantan pemain Arsenal ini dengan status pinjaman. Kehadirannya di lini tengah akan membuat tim yang kerap membuat kesulitan klub-klub papan atas ini semakin kuat dan berbahaya.

Good move, McLeish. Let see how this gonna go.

*posted in www.supersoccer.co.id (11/09/10)

No comments:

Post a Comment