Friday, November 19, 2010

Nilai Para Debutan Tim Nasional Inggris

Fabio Capello dan tim nasional Inggris mencoba ramuan terbaru di Wembley semalam dengan hasil buruk. Kalah 1-2 dari Prancis.

Dengan banyaknya pemain yang cedera, Capello seolah dipaksa untuk ber-eksperimen dan memainkan beberapa pemain debutan dalam laga persahabatan ini.

Sayangnya, hasil yang didapat masih sangat jauh dari memuaskan dan pastinya hujaman kritik keras plus tuntutan dari berbagai media di Inggris akan menggema dalam beberapa hari ke depan, seperti biasanya jika tim nasional mereka kalah.

Keberadaan beberapa pemain baru ini bisa dilihat dari dua sisi, sebuah pertanda buruk untuk saat ini -karena ternyata mereka memang masih sulit bersaing- atau juga penanda baik karena adanya peremajaan di tim nasional.

Berikut ini penilaian terhadap tiga pemain yang menjalani debutnya untuk Inggris semalam:



Jay Bothroyd

Pemain asal Cardiff ini menjalani debut-nya semalam menggantikan Andy Carroll. Ia bergabung dengan sedikit nama pemain-pemain di luar kasta tertinggi Liga Inggris yang mampu menembus skuad tim nasional. Catatan impresif 13 gol dari 14 pertandingan menjadi dasar dipanggilnya dirinya. Namun untuk malam ini, ia tidak begitu bersinar. Bahkan, peluang menjadi pahlawan di menit terakhir untuk menyamakan kedudukan disia-siakan dengan sundulan yang lemah.

Point: 5/10. Baru muncul di babak kedua, masih terlihat kesulitan beradaptasi, namun pemain ini jelas punya potensi di masa mendatang.

Jordan Henderson

Diperebutkan oleh tim-tim besar liga Inggris dan dihadiahi cap perdana selama 90 menit penuh. Orang ini harusnya sangat spesial, kan?

Well... Tidak juga ternyata.

Di Sunderland, ia memang terlihat sangat nyaman menguasai lini tengah, namun saat levelnya dinaikkan ke zona Internasional, pengalamannya yang masih minim terlihat jelas. Sepanjang pertandingan, ia sama sekali tidak mampu mengimbangi lini tengah Prancis, dan tidak bisa memberikan kontribusi maksimal pada penyerangan. Hal ini diperburuk lagi dengan penampilan rekan lini tengahnya, Gareth Barry, yang lebih mengkhawatirkan lagi.

Point: 4/10. 90 menit yang tidak begitu menjanjikan bagi Henderson. Ia jelas butuh lebih banyak pertandingan di level tinggi untuk mencapai potensi yang ia tunjukkan di klub.

Andy Carroll

Perdebatan apakah Carroll layak masuk tim nasional Inggris atau tidak akhirnya terjawab. Perjudian Capello untuk memanggilnya dan memainkannya sejak awal terbukti sebagai keputusan yang cukup baik. Di antara para debutan yang hadir, penampilan Carroll yang paling lumayan. Mengingat ini adalah pertandingan perdananya dan ditambah lagi dengan dukungan yang kelewat minim dari lini tengah, kerja keras pemain 21 tahun ini sendirian di lini depan patut diacungi jempol. Beberapa kali ia mampu membahayakan pertahanan lawan. Sayangnya, ia gagal mendapatkan sesuatu yang layak dihitung, sebuah gol. Debut Carroll berakhir di menit ke-72, saat digantikan oleh Jay Bothroyd.


Point: 7/10. Debut yang tidak mudah, tapi pemain ini jelas menunjukkan talenta yang ia miliki dan kemauan untuk bekerja keras. Dengan dukungan yang lebih baik dari lini tengah, ia jelas jadi ancaman bagi siapapun.

Sisi positif yang bisa diambil dari pertandingan semalam adalah Capello membuka pintu bagi Inggris yang lebih muda, tentunya demi masa depan Namun sayangnya, para fans dan pecinta sepakbola Inggris tidak akan begitu suka dengan apa yang mereka lihat semalam.

Waktu akan membuktikan, apakah anak-anak muda ini akan bisa semakin melekat dan menjadi tulang punggung tim nasional Inggris. Ataukah hanya akan jadi pendatang-sekilas di skuad Inggris yang selalu berganti setiap saat.

*posted in www.supersoccer.co.id (18/11/10)

1 comment:

  1. Thank you very much for your thoughtful comment, and for taking the trouble to post it.
    Cheap Astronomical Celestial Patek Philippe Watches

    ReplyDelete